Cara Melancarkan Asi Yang Sudah Mampet dengan Mudah

Hampir semua wanita pastinya pernah mengalami ASI yang tersumbat atau mampet. Rasanya memang sangat mengganggu dan membuat payudara terasa tidak nyaman. Sehingga sangat penting untuk para ibu menyusui mengetahui Cara Melancarkan Asi Yang Sudah Mampet. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ASI tersumbat. Beberapa diantaranya adalah bayi yang tidak menyusui secara teratur, prosduksi ASI yang berlebihan dibandingkan dengan jumlah susu yang diminum bayi, adanya bintik putih yang membuat lubang putih tersumbat, stress, sistem imun yang rendah, anemia, bra yang terlalu kencang dan ketat, dan lain sebagainya.

 

ASI yang tersumbat biasanya akan menimbulkan beberapa gejala, diantaranya adalah payudara terasa sakit, saat ditekan terasa lempengan atau gumpalan besar di bagian payudara, terdapat warna merah pada bagian payudara yang tersumbat, ASI yang tidak lancar, bayi menolak menghisap payudara tersebut, demam dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa Cara Melancarkan Asi Yang Sudah Mampet.

 

  1. Pompa atau perah

Cara yang pertama adalah Anda pompa saluran ASI sampai dengan payudara kosong. Tujuan dari memerah susu ini adalah agar saluran dalam payudara bisa lancar kembali.

  1. Kompres

Cara kedua adalah Anda kompres payudara yang terasa sakit menggunakan air hangat.Jangan mengompres payudara dengan air yang terlalu panas karena hal tersebut akan membuat kulit menjadi iritasi.

  1. Pijat payudara

Cara selanjutnya adalah berikan pijatan pada payudara yang terasa keras dengan perlahan.

  1. Berikan susu pada bayi

Perlu Anda ingat bahwa tidak ada pompa atau alat perah terbaik selain hisapan bayi Anda. Cobalah untuk terus memberikan susu pada bayi supaya saluran ASI bisa lancar kembali.Posisikan dagu bayi mengarah pada payudara yang tersumbat. Usahakan pula tubuh Anda berdiri dan berada di atas dengan posisi payudara menggantung supaya aliran ASI bisa lancer bisa juga ibunya minum pelancar asi mama asix

  1. Jangan lupa istirahan

Cara Melancarkan Asi Yang Sudah Mampetyang terakhir adalah jangan lupa istirahat. Meskipun akan sangat sulit bagi Anda menyisihkan waktu untuk beristirahat saat sedang mengurusi bayi dan rumah, cobalah untuk berdiskusi kepada suami untuk membantu Anda agar bisa beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *